Deskripsi

Matakuliah ini mengajarkan tentang konsep dan logika berpikir komputer, cara perancangan dan analisis masalah, yang kemudian dipecahkan dengan menggunakan komputer menggunakan algoritma dan pemrograman terstruktur. Selain itu juga diperkenalkan dan diajarkan penggunaan bahasa pemrograman (Bahasa C), dan flowchart.

Tujuan

Mahasiswa mampu memahami logika berpikir komputer, memahami prinsip kerja program, memahami alasan-alasan komputer dapat mengerjakan perintah-perintah yang diberikan, dan mampu menggambarkan logika jalannya program secara tertulis dengan algoritma (pseudo code) dan dilengkapi dengan diagram alir (flow chart) menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu.

Capaian Pembelajaran Matakuliah :

Memahami dan mampu mahasiswa mampu menganalisa dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan peluang dan statistik secara terstruktur

Deskripsi Matakuliah :

Pengenalan dan pemahaman tentang teori peluang/probabilitas, kombinasi, harapan matemaris, Distribusi probabilitas teoritis, Sampling dan Distribusi sampling, Pendugaan nilai parameter, Uji Hipotesis, Regresi, Korelasi yang disajikan dengan bentuk teori dan latihan – latihan dalam masalah masalah yang ada di dunia nyata.


Capaian Pembelajaran Matakuliah :

  1. Mengidentifikasi masalah terkait rumpun ilmu elektro
  2. Menjelaskan dasar ilmu yang berkaitan dengan topik
  3. Menjelaskan hipotesis penyelesaian masalah dan perkiraan hasil yang dicapai
  4. Menguraikan metode penelitian dan pengujian dalam bentuk proposal Tugas Akhir
  5. Memiliki pengetahuan umum untuk memahami dampak solusi rekayasa

Deskripsi Matakuliah :

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang dasar-dasar dan kaidah penulisan makalah ilmiah, dan proses penelitian;memberikan pengalaman kepada mahasiswa pada sebuah siklus proses perancangan rekayasa yang lengkap pada sebuah kasus penyelesaian masalah rekayasa nyata. Diharapkan mahasiswa mampu merumuskan permasalahan penelitian yang akan dilakukan dalam bentuk proposal penelitian yang mencakup latar belakang dan tujuan penelitian, perumusan dan batasan masalah, hipotesis, model sistem dan teori pendukung, yang akan menjadi panduan/arah bagi pelaksanaan penelitian selanjutnya dalam Mata Kuliah Tugas Akhir.

Capaian Pembelajaran Matakuliah :

Memahami dan mampu menjelaskan dasar-dasar, cara kerjanya, serta teknologi yang digunakan dalam Jaringan Komputer & Cara-cara pengamanannya dalam lingkup LAN Dan WAN (Internet). Mengerti mengenai konsep dasar pengalamatan TCP/IP dan konsep routing

Deskripsi Matakuliah :

Pengenalan dan pemahaman mengenai konsep dasar jaringan komputer, teknologi yang dipakai serta bagaimana mengamankannya dalam lingkup LAN maupun WAN. Perhitungan TCP/IP untuk pengalamatan LAN, WAN serta konsep subnetting dalam penerapan pengalamatan. Penerapan routing untuk memudahkan pengalamatan dalam jaringan.


Capaian Pembelajaran Matakuliah :

Memahami dan mampu mahasiswa mampu menganalisa dan menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan peluang dan statistik secara terstruktur

Deskripsi Matakuliah :

Pengenalan dan pemahaman tentang teori peluang/probabilitas, kombinasi, harapan matemaris, Distribusi probabilitas teoritis, Sampling dan Distribusi sampling, Pendugaan nilai parameter, Uji Hipotesis, Regresi, Korelasi yang disajikan dengan bentuk teori dan latihan – latihan dalam masalah masalah yang ada di dunia nyata.

Capaian Pembelajaran :



Deskripsi mata Kuliah :

Capaian Pembelajaran Matakuliah :

Deskripsi Mata kuliah

Mata kuliah ini membahas tentang algoritma-algoritma/ langkah-langkah pemecahan masalah, dengan menentuan parameter/variabel, analisis algoritma, analisis proses, analisis output dan flowchart

Materi perkuliahan Bahasa Inggris meliputi materi Reading, Writing, Speaking and Listening. 

Sistem Penilaian Nilai Akhir mata kuliah ini terdiri dari komponen:

Kehadiran : 5%

Tugas        : 25%

UTS           : 30%

UAS           : 40%


Sistem Kendali,

Mempelajari dan memahami Fungsi Kestabilan sistem, responsif, dan adaptif.

Kestabilan sistem terkait fungsi fisis dan kimiawi dari instrumentasi  terhadap perubahan lingkungan. 

Penilaian :

Kehadiran          :     5%

Tugas                 :   35%

UTS                    :   30%

UAS                    :   30%