Capaian Pembelajaran

1.Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religious, jujur, amanah, bertanggungjawab, dan bertoleransi dalam keanekaragaman budaya, agama, dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (A1)

2.Berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan antusias serta ikhlas dalam menjalankan profesinya guna mewujudkan keadilan dan kesejahteraan sosial. (A5)

3.Menguasai teori sains rekayasa,  kaidah-kaidah rekayasa, metode dan teknologi terkini untuk menganalisis sistem, proses, produk atau komponen. (B2)

4.Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri terkait melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya secara mandiri. (D2)

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa Magister Teknik Mesin dapat menguasai pengetahuan mengenai material teknik dan penggunaannya pada industri, serta agar mahasiswa juga dapat melakukan pemilihan material teknik dan mengembangkan karakteristik material teknik maju dan menerapkan prinsip mekanisme penguatan untuk rekayasa komponen. Materi ajar yang disampaikan meliputi klasifikasi dan spesifikasi material teknik sesuai perkembangan terkini, karakteristik dan pengembangan karakteristik material teknik, teknik material selection, pengembangan material maju serta rekayasa sifat melalui penerapan mekanisme penguatan. Model pembelajaran yang diterapkan adalah  Student Centered Learning, dengan metode Case Study dimana mahasiswa membentuk kelompok yang beranggotakan 3-5 orang. Setiap kelompok akan diberi 1 kasus dari beberapa topik bahasan yang ditentukan oleh dosen pengampu serta 1 kasus berbeda di akhir proses pembelajaran. Presentasi kelompok dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkanSebelum presentasi dihadapan dosen pengampu, setiap kelompok menyerahkan dokumen yang akan dinilai terdiri dari bahan presentasi kelompok, tugas individu dan dokumen hasil diskusi kelompok.