Mata Kuliah ini akan membahas tentang pengembangan game, animasi, dan simulasi menggunakan teknologi yang ada baik komputer maupun piranti mobile.

Matematika Diskrit adalah cabang ilmu Aljabar yang mempelajari perhitungan yang khusus menggunakan bilangan diskrit (tidak kontinyu), dan menyarankan cara-cara paling efisien dalam menemukan solusinya. Dalam hal ini, sehubungan dengan konteks IT, materi pada matakuliah ini antara lain mencakup Logika Proposisi, Teori Himpunan, Logika Fuzzy, Aljabar Boolean, Relasi Klasik dan Teori Graph. Pada perkuliahan ini akan membekali mahasiswa Ilmu Komputasi berfikir logis dan analitis.

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan agar mahasiswa mampu memahami serta menguasai konsep dasar matematika, yang khususnya merupakan penunjang ilmu komputer dan komputasi, yang membuat pokok-pokok bahasan fungsi, limit, derivatif, integral fungsi dan aplikasi integral, integral tak tertentu, integral tertentu, integral ganda, deret tak hingga, persamaan diferensial orde satu dan orde dua yang sederhana

Mata kuliah Interaksi dan Manusia  membahas tentang : Pengantar Interaksi Manusia Komputer,  Pedoman IMK oleh Shneiderman, Desain Interaksi ( rencana, proses , prototype Desain), Metodologi  Desain  IMK, Model Interaksi,  Implementasi  (IMK, teknik pengujian)

Mata Kuliah ini akan membahas teknik pengembangan perangkat lunak yang dimulai dari analisis kebutuhan, perancangan, dan testing.

Pokok Bahasan  :

1.      Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak

2.      Pemodelan Data dan Proses

3.      Manajemen Proyek

4.      Konsep Perancangan

5.      Konsep Testing


Mata Kuliah akan mempelajari tentang pemelajaran suatu pola untuk menentukan/memprediksi kejadian/bentuk. Materi akan dibahas antara lain supervised learning, semi-supervised learning, dan unsupervised learning


Pokok bahasan :

1.      Pengantar Machine Learning

2.      Pengenalan Pattern Recognition

3.      Pengenalan Classification

4.      Pengenalan Regression


Mahasiswa diharapkan mampu menggunakan setiap teknik pengolahan citra yang tepat sesuai dengan topik atau masalah yang dipilih. Ketepatan pemilihan teknik tersebut berkaitan dengan kemampuan mahasiswa menganalisis permasalahan dimana pada akhirnya akan menentukan variabel dan nilai yang tepat untuk menjadi masukan teknik tersebut. Selain itu, mahasiswa harus mampu menganalisis dan membaca hasil dari pengolahan tersebut

Pokok Bahasan

  1. PHP sebagai Server side application

  2. Variabel, Operasi Bilangan dan Operasi String

  3. Kontrol Program

  4. Array

  5. Menampilkan dan Menangani Form HTML

  6. Manajemen URL, path, file dan folder

  7. Fungsi-fungsi PHP

  8. Otentikasi dan Otorisasi

  9. CRUD Menggunakan Database

  10. Kelas dan Objek

  11. Framework PHP

Mata Kuliah ini akan membahas tentang pengenalan terkait Sistem Informasi Geografis terutama pengolahan dan analisis data spasial.

Pokok Bahasan :

-        Pengantar Sistem Informasi Geografis

-        Konsep Data Spasial: Data Raster dan Vektor

-        Metode dan Pengembangan Sistem Informasi Geografis

-        Perancangan Basis Data Spasial

-        Identifikasi Penerapan Manfaat dan Trend Perkembangan Sistem Informasi Geografis

-         Analisis Data Spasial

Teknologi  cloud computing  berorientasi  kepada user  dalam  hal  layanan, penyediaan  sumber daya  komputasi secara transparan.

Mata  kuliah  ini  akan  membahas tentang dasar  dan  pengenalan  terhadap  teknologi cloud, mekanisme, dan  arsitekturnya beserta teknologi dan riset terkini dalam cloud computing


Konsep dan Model: Teknologi, Security. Cloud Characteristic : Batasan, On demand Usage, Ubiquitous Access,Multitenancy, Elasticity, Measured Usage Delivery Model : IaaS, PaaS, SaaS Deployment : Public, Community, Private, Hybrid Teknologi : Internet, Data Center, virtualisasi, Web, Service, Multitenancy, Cloud infrastructure software. Keamanan Cloud Computing-- Threat, Cloud Security Threats

Mekanisme Keamananan Cloud Computing -- Public Key Infrastructure, Hashing, Digital Signature, SSO, Virtual Server Arsitektur - Workload Distribution, Resource Pooling, Dynamic Scalability, Arsitektur - Elastic Resource Capacity, Service Load Balancing, Cloud Bursting