Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu: memberi batasan yang jelas secara ilmiah proses perencanaan dan perancangan arsitektur dengan pendekatan tematik agar desain yang dihasilkan memiliki karakter yang dapat dipertanggung jawabkan

Deskripsi Matakuliah

Mata kuliah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berfikir kreatif dalam mengkaji bangunan yang dirancang arsitek dengan pendekatan tematik. Kedudukan matakuliah ARSITEKTUR TEMATIK dalam disain kurikulum termasuk dalam kelompok peminatan Arsitektur Bangunan di semester VII pada Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Capaian Pembelajaran :

Mahasiswa mampu menguasai standar dan aspek teknis perancangan tapak melalui kasus pada lahan datar dan berkontur terkait dengan rekayasa tapak.


Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini menganalisis bagaimana lingkungan membentuk kita dan kita sebagai manusia membentuk lingkungan. Studi tapak diawali dengan pengamatan tapak, penafsiran data tapak, analisis makro dan mikro yang meliputi aspek fisik dan non fisik, dan dasar-dasar rekayasa tapak.


Materi ke_8 mempelajari metode pemasangan plafon dan bahan bangunan yang dipergunakan untuk penutup plafon, aplilkasi perencanaan plafon pada bangunan umum berlantai 2

Capaian Pembelajaran:

Setelah menyelesaikan matakuliah Studio Perancangan Arsitektur II, mahasiswa mampu gagasan grafis arsitektur bangunan tunggal tidak bertingkat dalam lahan terbatas

Deskripsi Matakuliah:


Teknik Komunikasi Arsitektur adalah Kemampuan dalam mewujudkan ide atau gagasan dalam gambar dua atau tiga dimensi.

Mata kuliah teknik komunikasi arsitektur biasanya ada pada semester awal tahun pertama dalam rangkaian pendidikan arsitektur. Diletakkan diawal karena mata kuliah ini adalah dasar dan perangkat bagi rangkaian mata kuliah perancangan selanjutnya. Pertanyaannya, sejauh mana mata kuliah yang diselenggarakan dalam sekitar hanya 13 minggu (pertemuan 1-3 kali se-minggu) ini dapat memberikan dasar dan perangkat yang kuat bagi para mahasiswa? Umumnya pendidikan arsitektur mempunyai 6-7 studio perancangan dimana seluruh aspek yang berkaitan pada komunikasi arsitektur dibebankan pada satu mata kuliah ini. Secara materi mata kuliah komunikasi arsitektur dapat dikelompokan menjadi dua; komunikasi arsitektur sebagai visualisasi dari ide arsitektur dan visualisasi keterbangunan dari suatu ide arsitektur. Kelompok pertama lebih menekankan pada tersampaikannya ide arsitektur dan informasi yang bcrsifat kualitatif Kelompok kedua menekankan pada informasi kuantitaf dari suatu ide arsitektur. Kedua kelompok ini tidak berdiri sendiri tetapi saling melengkapi. Kompleksitas terjadi karena kedua kelompok tersebut tidak dapat diberikan sekaligus. Materi pada kelompok kedua sangat didasari oleh kepahaman pelaku komunikasi pada materi kelompok pertama. Sehingga diperlukan waktu dan pendekatan yang berbeda untuk menyampaikannya. Hal ini yang menyebabkan sulitnya memberikan dasar teknik komunikasi yang kuat melalui hanya satu mata kuliah saja. Dengan latar tersebut, tulisan ini hendak menyampaikan sebuah usulan penyelenggaraan mata kuliah teknik komunikasi arsitektur agar kedua kelompok materi tadi dapat tersampaikan secara sistematis dan saling-hubung dengan mata kuliah lainnya, khususnya mata kuliah studio perancangan.