CAPAIAN PEMBELAJARAN

Mahasiswa dapat memahami peran fisika sebagai ilmu dasar dan dapat diaplikasikan dalam bidang teknik / engineering


DESKIRPSI MATAKULIAH

Mahasiswa akan mempelajari tentang gerak beraturan, gerak berubah beraturan, gerak rotasi, gerak melingkar, energi kinetik, energi potensial, gerak harmonis sederhana, momentum, torsi, dan inersia.

Capaian Pembelajaran Matakuliah:

1. Mampu menunjukan sikap religious, jujur, amanah, bertanggungjawab, peduli dan bertoleransi dalam keanekaragaman budaya, agama, dan kepercayaan dalam berkehidupan, berbangsa dan bernegara.

2. Mampu Berupaya mewujudkan soliditas tinggi yang tercermin dalam bentuk kemampuan beradaptasi, kebersamaan dan kerjasama dengan berorientasi pada kepentingan rakyat, bangsa dan negara.

3. Mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan antusias serta ikhlas dalam menjalankan profesinya guna mewujudkan keadilan dan kesejahteraan sosial.

4. Mampu menguasai kaidah-kaidah rekayasa untuk menyelesaikan permasalahan di bidang perpindahan panas dan massa.

5. Mampu menerapkan kaidah matematika rekayasa dan sains terapan dalam menyelesaikan permasalahan dibidang perpindahan panas dan panas.

6. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam menerapkan atau mengembangkan IPTEK di bidang perpindahan panas dan massa.

Deskripsi Matakuliah:

Perpindahan panas dan massa adalah suatu bidang ilmu yang merupakan lanjutan dari ilmu mekanika fluida dan termodinamika teknik. Pada matakuliah perpindahan panas dan massa, mahasiswa akan mempelajari perpindahan panas konduksi, perpindahan panas konveksi, perpindahan panas radiasi, kondensasi & evaporasi, perpindahan massa, alat penukar kalor.



Deskripsi Materi :      

Kata “termodinamika” berasal dari bahasa yunani therme (kalor) dan dynamis (gaya). Meskipun berbagai aspek dari termodinamika telah menarik perhatian sejak dahulu kala, akan tetapi kajian tentang termodinamika secara formal dimulai pada awal abad ke-19 melalui pemikiran mengenai pergerakan daya dari kalor (heat), yaitu kemampuan benda panas untuk menghasilkan kerja (work). Dewasa ini kajian termodinamika mengarah kepada penghematan penggunaan energi dan pencarian alternatif energi lain.

Termodinamika merupakan ilmu yang membahas hubungan (pertukaran) antara panas dan kerja. Hubungan ini didasarkan pada dua hukum-hukum dasar termodinamika, yaitu Hukum Termodinamika Pertama dan Hukum Termodinamika Kedua. Dalam aplikasinya para insinyur menggunakan prinsip-prinsip termodinamika bersama dengan ilmu pengetahuan teknik lainnya seperti mekanika fluida, perpindahan kalor dan perpindahan massa untuk menganalisa dan merancang peralatan atau instalasi sesuai kebutuhan manusia.

Neraca energi sistem tertutup pada dasarnya merupakan pernyataan kekekalan energi untuk sistem tertutup, dimana perubahan jumlah energi yang terdapat dalam sistem untuk interval waktu tertentu adalah pengurangan antara jumlah energi neto berupa kalor yang dipindahkan ke dalam sistem melalui daerah batas untuk interval waktu tertentu, dengan jumlah energi neto berupa kerja yang dipindahkan ke luar sistem melalui daerah batas untuk interval waktu tertentu.

Pendahuluan mengenai konsep dasar termodinamika  dan neraca energi sistem tertutup memberikan dasar akan pemahaman mengenai sifat intensif dan ekstensif apa sajakah yang dipergunakan dalam mendefinisikan siklus termodinamika

Capaian Pembelajaran :

Mahasiswa dapat mengaplikasikan konsep dasar mekanika yang berhubungan dengan teknik mesin dan pemecahan masalah-masalah yang sederhana.


Deskripsi Matakuliah :

Fisika merupakan salah satu mata pelajaran jurusan mesin yang terbilang sulit dipahami dan sangat membosankan. Namun pelajaran fisika juga bisa menjadi keahlian kita ketika kita bisa belajar dengan sungguh-sungguh. Pengertian fisika yaitu berasal dari kata “physic” yang artinya yaitu alam. Jadi ilmu fisika yaitu sebuah ilmu pengetahuan dimana didalamnya mempelajari tentang sifat dan fenomena alam atau gejala alam dan seluruh interaksi yang terjadi didalamnya. Untuk mempelajari fenomena atau gejala alam, fisika menggunakan proses dimulai dari pengamatan, pengukuran, analisis dan menarik kesimpulan. Sehingga prosesnya lama dan berbuntut panjang, namun hasilnya bisa dipastikan akurat karena fisika termasuk ilmu eksak yang kebenarannya terbukti.

Sistem Perancangan Kalor adalah suatu bidang ilmu aplikasi dari ilmu dasar perpindahan panas, konduksi, konveksi dan radiasi yang menerapkan konsep perpindahan panas dari temperatur tinggi ke temperatur rendah.

Matakuliah Termodinamika membahas hubungan antara kalor dan usaha luar pada umumnya dan pada khususnya membahas tentang: termodinamika matematika, kalor dan kalorimetri, hukum ke-nol termodinamika dan temometri, perubahan fase dan persamaan Clausius Clapeyron, sistem dan persamaan keadaan sistem, usaha luar, hukum I termodinamika, hukum II termodinamika dan aplikasinya, siklus Carnot dan entropi, potensial termodinamika, hukum III termodinamika, siklus tenaga uap Rankine, pusat listrik tenaga nuklir, serta perpindahan kalor. Pada hakikatnya matakuliah Termodinamika memperdalam pengetahuan mahasiswa tentang kalor yang telah diberikan dalam matakuliah Pengantar Mekanika, Panas, dan Bunyi serta memperdalam konsep-konsep grafik dan diferensial integral yang ada dalam matakuliah Matematika untuk Fisika.