Deskripsi Matakuliah

Matakuliah ini bertujuan agar mahasiswa Magister Teknik Mesin dapat memahami dengan baik dan benar dalam melakukan penelitian di bidang teknik manufaktur serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membuat proposal tesis, laporan penelitian dan tulisan publikasi ilmiah. Matakuliah Metodologi Penelitian dan Perencanaan Eksperimen terkait erat dengan matakuliah Penelitian Tesis 1.  Materi ajar yang disampaikan meliputi identifikasi permasalahan di bidang manufaktur, perumusan masalah dan teknik studi literatur dan pendekatan metode penelitian serta teknik pembuatan laporan. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah  Project Based Learning, mahasiswa membentuk kelompok yang beranggotakan 3-5 orang. Setiap kelompok wajib memilih salah satu tema yang ditetapkan oleh dosen pengampu.Presentasi kelompok dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, bahan presentasi yang akan dipaparkan merupakan hasil seleksi terbaik dari tugas individu di masing-masing kelompok. Dengan demikian setiap kelompok wajib berdiskusi untuk memilih ide anggotanya yang terbaik untuk dijadikan ide kelompok, selanjutnya ide yang terpilih tersebut dimodifikasi oleh tim untuk menjadi ide kelompok. Sebelum presentasi dihadapan dosen pengampu, setiap kelompok menyerahkan dokumen yang akan dinilai terdiri dari bahan presentasi kelompok, tugas individu dan dokumen hasil diskusi kelompok.


Capaian Pembelajaran

CPM.1.Mampu menunjukan sikap religious, jujur, amanah, bertanggungjawab, peduli, leadership dan bertoleransi dalam keanekaragaman budaya, agama, dan kepercayaan dalam berkehidupan, berbangsa dan bernegara

CPM.2. Mampu menunjukkan sikap berbudi pekerti lihur, berempati, arif, adil dan teguh dalam menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

CPM.3. Mampu berpikir kritis, kreatif, komunikatif dan antusias dalam menemukan peluang usaha yang prospek sesuai bidang keahlian, khususnya di bidang rekayasa manufaktur.

CPM.4. Mampu mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan penelitian sesuai dengan perkembangan IPTEK berdasarkan keahlian Teknik Mesin, khususnya rekayasa manufaktur.

CPM.5. Mampu merencanakan dan melaksanakan penelitan yang inovatif  dengan simulasi maupun eksperimental, yang hasilnya berpotensi untuk diaplikasikan di masyarakat atau industri.